Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya
Dasar Hukum
- Undang-undang RI No 25 Tahun 2000 tentang Progam Pembangunan Nasional (PROPENAS)
- Instruksi Presiden RI No. 1 Tahun 1995 tentang Perbaikan dan Peningkatan Mutu pelayanan Aparatur pemerintah kepada masyarakat
- Kepmenpan RI No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
- Kepmenpan RI No. KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan IKM Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Maksud dan Tujuan
- Penyusunan IKM terhadap unit penyelenggara pelayanan publik dimaksudkan sebagai kegiatan untuk mendapatkan suatu gambaran / pendapat masyarkat tentang kualitas pelayanan publik yang telah diberikan oleh aparatur pemerintah.
- Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit penyelenggara, baik oleh masyarakat maupun instansi / unit terkait sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik
Sasaran dan Ruang Lingkup
- Adapun sasaran dari Penyusunan IKM ini adalah penetapan sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan, sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara lebih berkualitas, berdayaguna dan berhasilguna pada unit penyelenggara pelayanan publik
- Ruang lingkup kegiatan adalah pada unit penyelenggara pelayanan publik di lingkungan Instansi Pemerintah / BUMN dan Instansi di lingkungan Pemerintah Daerah / BUMD
Manfaat
- Mengetahui kelemahan / kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggara pelayanan publik
- Mengetahui kinerja penyelenggara pelayananyang telah dilaksanakan
- Sebgai bahan pentapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya yang perlu dilakukan
- Mengetahui IKM secara menyeluruh terhadap hasil pelaksanaan pelayanan publik
- Memacu persaingan positif antara unit penyelenggara pelayanan
- Masyarakat dapat mengetahui gambaran tentang kinerja unit penyelenggara pelayanan.
Unsur – Unsur Indeks Kepuasan Masyarakat
Berdasarkan prinsip pelayanan 14 (empat belas) unsur minimal yang harus ada untuk dasar pengukuran IKM adalah sebagai berikut :
- Prosedur Pelayanan, yaitu kemudahan tahapan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dilihat dari sisi kesederhanaan alur pelayanan
- Persyaratan Pelayanan, yaitu persyaratan teknis dan administratif yang diperlukan untuk mendapatkan pelayanan sesuai dengan jenis pelayanannya
- Kejelasan Petugas Pelayanan, yaitu keberadaan dan kepastian petugas yang memberikan pelayanan (nama, jabatan serta kewenangan dan tanggung jawabnya)
- Kedisiplinan Petugas pelayanan, yaitu kesungguhan petugas dalam memberikan pelayanan terutama terhadap konsistensi waktu kerja sesuai ketentuan yang berlaku
- Tanggung jawab Petugas Pelayanan, yaitu kejelasan wewenang dan tanggung jawab petugas dalam penyelenggaraan dan penyelesaian pelayanan
- Kemampuan Petugas Pelayanan, yaitu tingkat keahlian dan ketrampilan yang dimiliki petugas dalam memberikan / menyelesaikan pelayanan kepada masyarakat
- Kecepatan Pelayanan, yaitu target waktu pelayanan dapat diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan oleh unit penyelenggara pelayanan
- Keadilan Mendapatkan Pelayanan, yaitu pelaksanaan pelayanan dengan tidak membedakan golongan / status masyarakat yang dilayani
- Kesopanan dan Keramahan Petugas, yaitu sikap dan perilaku petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara sopan dan ramah serta saling menghargai dan menghormati
- Kewajaran Biaya Pelayanan, yaitu keterjangkauan masyarakat terhadap besarnya biaya yang ditetapkan oleh unit pelayanan
- Kepastian Biaya Pelayanan, yaitu kesesuaian antara biaya yang dibayarkan dengan biaya yang telah ditetapkan
- Kepastian Jadwal Pelayanan, yaitu pelaksanaan waktu pelayanan, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan
- Kenyamanan Lingkungan, yaitu kondisi sarana dan prasarana pelayanan yang bersih, rapi, dan teratur sehingga dapat memberikan rasa nyaman kepada penerima pelayanan
- Keamanan Pelayanan, yaitu terjaminnya tingkat keamanan lingkungan unit penyelenggara pelayanan ataupun sarana yang digunakan, sehingga masyarakat merasa tentang untuk mendapatkan pelayanan terhadap resiko-resiko yang diakbiatkan dari pelaksanaan pelayanan.
minta contoh dan langkah langkah menyusun IKM nya pak admin……
terima kasih atas perhatiannya.
iya, silakan datang ke kantor bagian organisasi
nanti kami berikan contoh kuisioner dan langkah langkah menyusun IKM
terima kasih atas kunjungannya
sudah ada pak aturan terbaru tentang pengukuran IKM, peraturan tersebut sifatnya mencabut dari Kepmenpan RI No. KEP/25/M.PAN/2/2004,, ..
.
tetapi memang masih sangat perlu waktu untuk implementasi penerapannya, karena masih belum ada semacam sosialisasi maupun bimtek penyusunan.
.
PERMENPAN & RB Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Publik.
.
.
Yth. Pak Odren
Terimakasih atas informasi dari Bapak, memang betul apa yang disampaikan
Kami berharap pihak Bapak dapat memberikan masukan informasi terhadap hal ini.
Terimakasih
Salam sejahtera Bpk,
Mungkin Bpk pernah mengukur indek kepuasan masyarakat dengan bantuan teknologi?
Seperti penggunaan eKiosK atau berbasis android seperti disini http://www.indonesiaantri.com/
salam merdeka..info yang sangat berharga,,saya mohon pak cantumkan juga contoh kuisioner dan perhitungannya di bagian lampiran seperti perarutan sebelumnya pada kepmenpan no 25 tahun 2004, pada peraturan tersebut lengkat pedoman penyusunannya sehingga memudahkan untuk penyusunan IKM. terimakasih
Assalamualaikum,
Ukur tingkat kepuasan masyarakat dengan bantuan teknologi?
Gunakan kiosk touchscreen atau aplikasi android
http://mesinantrian.net
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diperbarui dengan Permenpan No. 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik. Survei Kepuasan Masyarakat Kota Malang cukup bagus terhadap pelayanan publiknya, keluhan ketidakpuasan terhadap pelayanan publik sudah bisa disalurkan Sambat Online http://sambat.malangkota.go.id/. Yang mau sambat silahkan….
Pemerintah Kota Malang perlu didorong terus untuk maju dan inovasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik, seperti penerapan sistem mesin antrian apk android online, survei kepuasan masyarakat, anjungan informasi, sms pengaduan, CCTV online, dsb.
Maju terus Kota Tercinta Malang Raya.!