Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kota Malang 2019

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, Pemerintah Kota Malang melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Malang menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kota Malang Tahun 2019.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan yang digelar dalam bentuk Workshop Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kota Malang 2019 yang digelar di Hotel Savana, Rabu (9/1/2019). Pembukaan KIPP Kota Malang 2019 tersebut dihadiri seluruh perangkat daerah dan penyelenggara pelayanan publik di Kota Malang.

Untuk dapat mengikuti kompetisi ini ada empat persyaratan inovasi yang harus dipenuhi oleh perangkat daerah atau unit kerja, yaitu memberikan perbaikan pelayanan publik, bermanfaat bagi masyarakat, dapat dan/atau sudah direplikasi, serta berkelanjutan.

Tahapan berikutnya adalah Penerimaan proposal dan penilaian yang dilakukan oleh Tim Internal mulai minggu kedua Februari 2019 sampai dengan minggu pertama Maret 2019. Tim Penilai Independen kemudian menilai 10 (sepuluh) proposal yang masuk dan dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh masing-masing inovator pada 20 Maret 2019 dan untuk melengkapi penilaian tersebut, dilakukan peninjauan lapangan.

Tim independen menilai inovasi yang diajukan dengan memperhatikan standar pelayanan yang terdiri dari beberapa aspek, di antaranya adalah tersedianya Maklumat Pelayanan, dilakukannya Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), pelaksanaan penanganan pengaduan, serta tersedianya Sistem Informasi Pelayanan Publik yang memadai.

Tim penilai independen tersebut diketuai oleh Dosen dan Peneliti Universitas Brawijaya Malang Wawan Sobari, S.IP, MA, Pd.D dan beranggotakan dua orang, yaitu Ir. Dina Limanto dari Asian Development Bank (ADB) Kinerja Jawa Timur dan Kepala Sub Bagian Tata Laksana Pelayanan Publik Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Rachmad Wahyu Kurniawan, S.STP, M.IP.

Puncak acara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik ini adalah pengumuman pemenang sekaligus penyerahan penghargaan dan hadiah pada Upacara HUT ke-105 Kota Malang di Stadion Gajayana Kota Malang. Penghargaan dan hadiah tersebut diserahkan oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji kepada masing-masing kepala organisasi perangkat dan unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Malang yang berhasil lolos dalam berbagai tahapan penilaian KIPP 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Malang Dwi Rahayu, SH, M.Hum menjelaskan bahwa KIPP Kota Malang 2019 dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaring inovasi pelayanan publik dari Perangkat Daerah dan Unit Kerja Perangkat Daerah di Kota Malang.

“Dari hasil penjaringan tersebut tim penilai independen menetapkan sejumlah inovasi pelayanan terbaik dan diberikan penghargaan dalam rangka peningkatan inovasi pelayanan publik. Selain sebagai proses seleksi untuk diikutkan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) tingkat Provinsi, diharapkan inovasi pelayanan publik yang telah terpilih dapat menjadi bahan untuk transfer pengetahuan atau replikasi inovasi pelayanan publik bagi unit kerja lainnya di Kota Malang,” jelasnya.***

 

Tautan permanen menuju artikel ini: https://organisasi.malangkota.go.id/2019/04/10/kompetisi-inovasi-pelayanan-publik-kota-malang-2019/

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.