Kegiatan

Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2015 Kota Malang

Tim Evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan Sistem AKIP sekaligus Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2015 Kota Malang. Bertempat di Ruang Rapat Sidang Balaikota, evaluasi dilaksanakan oleh Tim Evaluator selama 2 hari pada tanggal 3-4 Agustus 2016.IMG_20160803_090231

Tim Evaluator dari Kementerian PANRB terdiri atas Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan serta dua orang Auditor. SKPD Kota Malang yang dijadikan sampel pada evaluasi tahun ini yaitu Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Pengwasan Bangunan, serta Dinas Kesehatan. SKPD lain turut diundang sebagai pendukung dalam pemberian data-data terkait pencapaian target kinerja Pemerintah Kota dan juga sebagai media pembelajaran untuk peningkatan kualitas penerapan SAKIP. Laporan akuntabilitas tiap-tiap SKPD sampel dipaparkan oleh Kepala SKPD yang bersangkutan dan langsung dievaluasi oleh tim Evaluator. Indikator yang masih belum tepat dikomentari dan diberikan solusi untuk perbaikan ke depannya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Evaluasi SAKIP oleh Tim dari Kementerian PANRB dilaksanakan berbarengan dengan evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Evaluasi Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan oleh Tim Evaluator Kementerian PANRB memang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun 2016. Sesuai dengan program dari Kementerian PANRB, Pemerintah Daerah wajib membuat Roadmap Reformasi Birokrasi. Roadmap ini merupakan pedoman untuk pelaksanaan kegiatan Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah. Evaluasi yang dilaksanakan oleh Tim Evaluator Kementerian PANRB ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran seberapa jauh pelaksanaan Roadmap Reformasi Birokrasi yang telah disusun oleh Pemerintah Daerah.

Pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi dilakukan bersamaan dengan Evaluasi SAKIP. Dalam pelaksanaan evaluasi ini, SKPD-SKPD yang menjadi leading sector 8 area perubahan Reformasi Birokrasi memaparkan pelaksanaan dan pencapaian program Reformasi Birokrasi di bidangnya masing-masing. Pada kegiatan kali ini, SKPD yang memaparkan pencapaian Reformasi Birokragabungsinya yaitu Inspektorat, BKD, Bagian Organisasi Setda Kota Malang. Masing-masing SKPD memberikan penjelasan bagaimana pelaksanaan program-program yang telah dijalankan dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi di bidang masing-masing.

Sebelumnya Walikota Malang memaparkan Laporan SAKIP Pemerintah Kota Malang di depan Tim Evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Surabaya dihadapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Gubernur Jawa Timur dan Kepala Daerah se Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.